Sabtu, 02 Maret 2019

EGG DISHES

EGG DISHES


   *Boiled egg
  adalah rebusan telur dengan menggunakan cangkang atau kulitnya tanpa dikupas dengan memasukkan egg kedalam air yang sudah mendidih, saat sudah mendidih barulah masukkan telur dan hitung waktunya. Dalam boiled egg ada 3 macam tingkatan, yaitu 
1. soft dengan waktu 3-5 menit (bagian kuning telur yang masih mencair dan putihnya yang agak kental)
2. medium dengan waktu 5-7 menit (bagian kuning telur setengah masak dari soft dan white egg nya sudah mengental )
3. hard dengan waktu 7-9 menit (bagian kuning telurnya sudah matang dan agak sedikit berwarna pucat dan putih telur yang sudah matang atau memadat)

  *Scrambled egg, 

  yaitu pembuatan telur dengan cara diaduk atau dikocok bersama dalam penggorengan saat dipanasakan dengan lembut, dengan menambahkan sedikit demi sedikit susu saat menggoreng telur dan usahakan tidak terlalu matang agar warna asli telur tetap terlihat dan memiliki tekstur yang terlihat basah.

   *Omelet, 

   yaitu telur yang biasa memiliki isian seperti daging, keju dll, dengan cara menggocok terlebih dahulu telur, kemudian tuangkan kedalam penggorengan yang sudah dipanaskan dengan menggunakan minyak atau mentega, lalu tuangkan telur biarkan melebar, kemudian rapatkan sisi bawah telur kedepan pinggiran penggorengan dan aduk telur pada bagian tengah telur yang dirapatkan, kemudian tarik telur keatas hingga rapat kepinggiran wajan dan angkat.
    Omelet memiliki tekstrur yang agak basah pada bagian dalamnya.

   *Sunny side up, 

   yaitu telur ceplok setengah matang dan digoreng dengan minyak atau mentega. Dalam pembuatannya telur diberi bumbu garam dan pepper, jika ingin menghasilkan bentuk telur yang cantik, gunakan ring cutter. Tunggu penggorengan hingga panas, letakkan ring cutter ditengah penggorengan dan masukkan telur ditengah dan kuning telurnya tidak pecah, permukaan atas telur masih berlendir atau basah (runny), telur ini hanya mematangkan saah satu sisinya yaitu bagian bawahnya, kemudian beri sedikit air diluar ring cutter agar telur bagian bawahnya tidak hangus.

   *Poached egg, 

   dengan cara manual, telur yang dimasak dengan direbus dalam air panas tanpa kulitnya dalam keadaan setengah matang, sebelumnya masukkan vinegar kedalam air yang sudah mendidih kemudian aduk berputar dan masukkan telur diamkan sebentar lalu angkat, teksturnya terlihat tidak matang dengan putih telur yang menutupi kuning telur.
   Dengan cara menggunakan alat suflid membutuhkan waktu yang agak lama yaitu 45 menit untuk menghasilkan telur yang baik, tekstur telur ini belum matang dengan putih telur yang agak menipis dan kuning telur yang sedikit kelihatan, namun telur ini tidak pecah.

   *Turn-Over egg, 

   yaitu telur yang digoreng dengan cara memasakkan kedua sisinya yaitu hampir sama dengan sunny side up, tanya saja jika sudah matang bagian bawah, lepas ring cutter dan balik telur, kemudian matangkan sisi atasnya yang sudah dibalik.

  #Bumbunya

-Salt (secukupnya)
-Pepper (secukupnya)
-Milk (secukupnya)
-Butter or Oil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar