Jumat, 22 Maret 2019

SERAI 

(Cymbopogon Citarus) 





PENGERTIAN

Sereh atau serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang di manfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.serai mempunyai kandungan minyak yaitu minyak atsirih yang di peroleh dari hasil penyulingan bagian atas tumbuhan ini. minyak serai dapat di gunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk.

JENIS-JENIS SERAI

>> Secara umum, sereh dibagi menjadi 2 jenis, yaitu sereh dapur (lemongrass) dan sereh wangi (sitronella). keduanya memiliki aroma yang berbeda. minyak sereh yang selama ini dikenal di indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya terdapat dalam komposisi minyak tawon dan minyak gandapura.

>> Sereh dapur terbagi menjadi 2 varitas yaitu sereh flexuosus (cymbopogon flexuosus) dan sereh citratus (cymbopogon citratus) dalam dunia perdagangan minyak atsirih, minyak sereh flexuosus disebut sebagai east indian lemongrass oil (minyak sereh dapur india timur), sedangkan sereh citratus dikenal dengan west indian lemongrass oil (minyak sereh dapur india barat). perbedaan yang sangat jelas dari keduanya terletak pada sifat-sifat minyak atsirih yang di hasilkan. minyak sereh india timur lebih berharga daripada india barat, terutama karena kandungan citratus lebih tinggi.

KLASIFIKASI SERAI

Kingdom : plantae (tumbuhan) 
Sub-kingdom : tracheobionta (tumbuhan berpembuluh) 
Super divisio : spermatophyta (menghasilkan biji) 
Divisio/divisi : magnoliophyta (tumbuhan berbunga) 
Clasis/kelas : liopsida ( berkeping satu/monokotil) 
Sub-classis : commenlinidae 
Ordo/bangsa : poales 
Familia/famili : poaceae (suku rumput-rumputan) 
Genus/marga : cymbopogon 
Species/jenis : cymbopogon citratus. 

MORFOLOGI TANAMAN SERAI 

AKAR , Tanaman sereh memiliki akar yang besar, akarnya merupakan jenis akar serabut yang berimpang pendek. 
BATANG, Batang tanaman sereg bergerombol dan berumbi, serta lunak berongga, isi batangnya merupakan pelepah umbi untuk pucuk dan berwarna putih ke kuningan. 
DAUN, Daun tanaman sereh berwarna hijau dan tidak bertangkai, daunnya kesat, panjang, dan runcing.hampir menyerupai daun lalang.selain itu daun tanaman ini memiliki batok seperti pita yang makinke ujung makin runcing dan berbau citrus jika daunnya diremas. 
BUNGA, Tanaman sereh jenis ini jarang sekali memiliki bunga. kalaupun ada, pada umumnya bunga itu tidak memiliki mahkota dan tidak mengandung bulir. 
BUAH, Tanaman sereh jenis cymbopogon citratus jarang sekali atau banhkan tidak memiliki buah. 
BIJI, Tanaman sereh jenis cymbopogon citratus juga jarang sekali memiliki biji.

KANDUNGAN NUTRISI

VItamin A,B,C. 
Asam Folat 
Seng 
Magnesium 
Tembaga 
Zat besi 
Fosfor 
Kalium 
Kalsium 
Mangan

MANFAAT SERAI 

>> MENINGKATKAN JENIS KOLESTROL SEHAT (HDL)
Sereh memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan hiprkosterolia yaitu mengandung kadar kolestrol yang sehat, penelitian menunjukkan bahwa komsumsi sereh secara rutin memberika hasil signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolestrol (LDL) dalam tubuh.

>> DETOKSIFIKASI
Sereh dapat membantu membersihkan racun berbahaya keluar dari tubuh, karena sifat diuretiknya. detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi sebagai organ tubuh, termasuk hari dan ginjal serta membantu menurunkan kadar asam urat.

>> ANTI KANKER
Sereh efektif untuk mengobati berbagai jenis kanker tanpa mempengarihi sel-sel tubuh yang normal dan sehat.penelitian membuktikan aktivitas anti kanker sereh yang telah menunjukkan hasil menjanjikan dalam pencegahan kanker kulit.

>>MENCEGAH INFEKSI AKIBAT STAPHYLOCOCUS AUREUS
Study telah membuktikan bahwa minyak atsirih dalam sereh memiliki aktivitas anti biofilm, yang bermanfaat pencegahan terhadap infeksi yang disebabkan oleh staphylococus aureus.

>> GANGGUAN PERUT
Sereh bermanfaat untuk pencegahan gangguan gastro intestinal seperti ulkus lambung, membantu merangsang fungsi usus dan memperbaiki pencernaan.

>> MENYEMBUHKAN INSOMNIA
Sereh juga bermanfaat untuk menenangkan otot dan saraf, sehingga dapat membantu mendorong tidur yang nyenyak.

>> GANGGUAN PERNAFASAN
Sereh banyak di gunakan sebagai obat untuk pengobatan batuk dan pilek. seiring dengan senyawa sehat lainnya, yaitu vitamin c dalam serai membantu mengatasi penyumbatan hidung karna flu.

>> MENGATASI DEMAM
Sereh juga di kenal sebagai obat penurun panas, yaitu memiliki efek yang menguntungkan untuk menurunkan demam. efek anti piretik (mengeluarkan keringat) sereh secara luas dalam pengobatan untuk menyembuhkan demam.

>>INFEKSI
Sereh juga dapat bekerja sebagai anti septik, dan efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kaki atlet, kudis, dan infeksi saluran kemih yang dihubungkan dengan sifat anti-mikroba dan anti-jamur dari sereh.

>> MENGURANGI RASA NYERI
Sereh bisa membantu mengurangi rasa sakit dan ketidak nyaman yang disebabkan oleh sakit kepala dan migrain karena sifat analgesik yang dimilikinya.

>> MENINGKATKAN SISTEM SARAF
Sereh dapat merangsang pikiran dan membantu mengatasi kejang kejang, gugup, vertigo dan berbagai gangguan saraf seperti alzheimer dan penyakit parkinson.

>>MENGENDALIKAN DIABETES TIPE 2
Penelitian telah menunjukkan bahwa serai dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh.

>> MEMBANTU MENGATASI REMATIK
Sereh dapat dioleskan pada pinggang dan bagian yang sakit karena rematik atau keseleo.

>>MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN
Sereh dapat memulighkan sistem pentik dalam tubuh, seperti pencernaan, respirasi, ekskresi dan sistem saraf.

>>UNTUK PERAWATAN KULIT
Sereh bermanfaat sebagai tonik kulit, dan sebgai pembersih yang efektif untuk kulit berminyak dan berjerawat karena sifat astringent dan antiseptik,

>>KESEHATAN SELULER TUBUH
Sereh mengandung zat antioksidan, sehingga membantu melindungi sel sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

>> SEBAGAI AROMA TERAPI
Ramuan sereh terdiri dari senyawa sehat minyak esensial, seperti nerol,sistronelol, myreene, dipentene, geraniol, dan metil heptenone yang memiliki sifat anti jamur, insektisida dan anti septik.

>> PENGGUNAAN KULINER
Selain untuk obat obatan tradisional, serai umumnya di gunakan pada masakan asia, terutama masakan indonesia, vietnam, thailand dan malaysia.


PEMILIHAN SERTA PENYIMPANAN SEREI YANG BAIK

Pilih serai yang masih segar, tidak keriput, dan warnanya putih gading, jangan memilih yang sudah cokelat atau kering, kemudian, simpan serai di dalam keranjang dan ditempat sejuk. bila membeli dalam jumlah banyak, boleh disimpan didalam kantong plastik dan letakkan di tempat sayur pada lemari pendingin.

EFEK SAMPING DARI MINYAK SERAI

Meskipun aman, namun penggunaan teh herbal sereh yang terbuat dari sereh dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang. jika ada gangguan alergi diajuran segera menghentikan penggunaan dan mencari bantuan medis segera.

Minyak sereh murni tidak harus di terapkan secara langsung pada tubuh, karena dapat mengakibatkan alergi yang biasanya berbahaya oleh karena itu selalu dianjurkan untuk menghindarkan minyak sereh murni dari jangkauan anak-anak.

SUMBER :

https://ridwancs97.wordpress.com/2013/04/08/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-sereh-cymbopogon-citratus/

https://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-sereh-untuk-kesehatan-790.html

https://lifestyle.okezone.com/read/2014/01/17/304/927542/cara-pilih-gunakan-dan-simpan-11-bumbu-dapur-2-habis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar