Kamis, 23 Mei 2019

Hasil gambar untuk serai
SERAI

Tanaman sereh wangi termasuk golongan rumput-rumputan yang disebutAndropogon nardus atau Cympogon nardus. Genus Cympogon meliputi hampir 80 species, tetapi hanya beberapa jenis yang menghasilkan minyak atsiri yang mempunyai arti ekonomi dalam perdagangan.

Asal dan Penyebaran Geografi:
Dipercaya berasal dari sekitar Malaysia, Sri Langka, daerah Ceylon. Daerah distribusi, habitat dan budidaya tumbuhan pada daerah dengan ketinggian 50-2700 Mdpl. Di Sri Langka, tanaman ini tumbuh alami atau secara liar, namun dapat juga ditanam pada berbagai kondisi tanah di daerah tropika yang lembab, cukup sinar matahari dan dengan curah hujan yang relatif tinggi. Di Indonesia banyak terdapat di jawa, di tepi jalan, atau dipesawahan. Biasanya tumbuh di dataran rendah pada ketinggian 60-140 Mdpl.  Penyebarannya tumbuh secara liar dikebanyakan negara Asia berudara tropik, Amerika dan Afrika.
Namun, penyebaran di jawa, tumbuhan ini tak pernah berbunga, sehingga pengadaannya terjadi bukan dengan cara pembiakan kelamin melainkan sengan menanam tunas-tunas muda.


KARAKTERISTIK
Tanaman ini sangat mudah dikembangkan, cukup dengan rimpang akarnya. Mulai berproduksi pada usia sekitar 7 – 8 bulan dan kemudian diproduksi terus menerus untuk diambil daunnya kira kira 3 - 4 kali dalam setahun. Tanaman ini baik untuk penahan erosi (pada lahan lahan kritis yang miring), tetapi juga harus diberi pupuk agar menghasilkan daun yang cukup banyak. Usia tanaman dapat bertahan sampai  bertahun-tahun dengan pemberian pupuk yang cukup sesuai dosisnya.
Tumbuh berumpun.Daun berbentuk seperti pita melengkung ke bawah dengan ukuran lebar antara 0,5 - 1,5 cm dan panjang 50 hingga 100 cm.Tulang daun sejajar dan berada di bagian tengah. Batang tidak berkayu dan berusuk pendek. Pangkal batang berwarna hijau keunguan. Akar serabut berwarna putih. Perbanyakan dilakukan dengan cara stek anakan yang diperoleh melalui pemisahan rumpun berukuran besar menjadi beberapa bagian tananan baru.


Manfaat

Sereh wangi bisa dijadikan minyak urut. Komoditi untuk minyak atsiri sereh wangi merupakan bahan alami yang mudah terurai sehingga aman terhadap lingkungan dan produk pertanian. Selain itu mudah didapatkan di pasar karena banyak usaha rumah tangga yang bergerak dalam bidang produksi minyak atsiri sereh wangi, memiliki harga yang relatif lebih murah dibanding dengan bahan pestisida sintetik, serta mudah dalam pengaplikasian sehingga dapat dilakukan oleh setiap orang.
Tanaman sereh wangi mempunyai beberapa kegunaan, salah satunya berpotensi untuk mencegah terjadinya erosi tanah dan merehabilitasi lahan-lahan kritis. Tanaman sereh wangi terutama batang dan daun bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal sebagai obat nyamuk semprot.  Minyak serai wangi sebagai hasil produksi berguna sebagai bahan bio-aditif bahan bakar minyak (
Tanaman sereh wangi mengandung zat geraniol, metilheptenon, terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama sitronelal. Zat sitronelal ini dapat membunuh nyamuk karena memiliki sifat racun kontak (aroma), yang membuat nyamuk kehilangan cairan secara terus-menerus.
Sereh wangi secara tradisional dapat digunakan sebagai campuran air mandi untuk penderita rematik, obat antiseptik, meredakan sakit kepala, melepaskan gigitan lintah, dan mengatasi gigitan serangga. Untuk membunuh nyamuk yang menjadi penyebab penyakit Demam Berdarah (DB), kita dapat membuat sendiri ekstrak sereh wangi. Caranya, cuci dan tiriskan hingga kering, 1 kg daun dan batang sereh wangi. Proses dalam blender sampai halus, lalu masukan ke dalam wadah yang telah diisi air sebanyak 250 ml. Diamkan selama semalam. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol, lalu encerkan dengan aquades. Saat akan digunakan, tuangkan ekstrak sereh wangi ke dalam alat penyemprot, lalu semprotkan ke tempat dimana nyamuk-nyamuk bersembunyi.
Sereh wangi yang juga dikenal dengan nama citronella ini juga memiliki nama lain yakni lemongrass, barbed wire grass, silky heads, citronella grass, dan fever grass. Masyarakat Indonesia tradisional sejak lama mengenal adanya sabun sereh wangi yang dibuat dari minyak kelapa, susu, minyak zaitun, dan tentunya minyak sereh wangi. Selain untuk kulit tubuh, sabun sereh wangi juga bisa digunakan pada wajah. Adapun manfaat sabun sereh wangi diantaranya :  1). Menghilangkan gatal-gatal di kulit (biang keringat, eksim, panu, dan kadas); 2). mencegah dan mengobati (mengeringkan) jerawat; 3). mencegah dan menghilangkan flek atau bekas jerawat; 4). mencerahkan kulit; 5). menyembuhkan pecah-pecah di kaki; 6). menghilangkan bau badan; 7). untuk keramas, selain bisa pula untuk menghilangkan ketombe; 8). menghilangkan rasa capek dan menghangatkan badan; 9). mencegah gigitan nyamuk dan serangga; 10). memberikan sensasi nyaman dengan kesejukan aromaterapi.
Terkadang sereh wangi (Cymbopogon nardus) dipakai sebagai bumbu masakan. Tumbuhan ini memiliki aroma serta rasa yang khas, pedas dan menyengat. Secara tradisional sereh wangi dapat menyembuhkan beberapa gejala penyakit, antara lain: nyeri, batuk dan kelelahan. Perlu kita ketahui juga bahwa ternyata limbah atsiri sereh wangi dapat dimanfaatkan menjadi pakan ternak dan pupuk organik. Limbah padat berupa ampas daunnya bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Sementara itu, untuk limbah cair (berupa sisa air bekas penyulingan) sedang diteliti untuk aroma terapi atau spa. Adapun minyak sereh wangi dengan aroma grassy-citrus yang hangat dikenal sebagai deodorant alami. Kehangatan dan kesegarannya mempunyai manfaat aromaterapi. Minyak sereh wangi juga bersifat anti serangga dan mampu mengurangi gatal pada kulit.

NILAI GIZI
Sereh atau Cymbopogon citratus dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bagian tanaman ini yang biasa digunakan dimanfaatkan adalah bagian batang dan sedikit dari bagian daunnya. Manfaat daun serai ini tentunya ada berkat kandungan yang ada dalam daun ini. Berikut adalah rincian kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram sereh berdasarkan USDA National Nutrient Database:
  • Kalori: 99 Kkal
  • Karbohidrat: 25.31 g
  • Protein 1.82 g
  • Lemak: 0.49 g
  • Asam folat: 75 mcg
  • Niasin (vitamin B3): 1.101 mg
  • Piridoksin (vitamin B6): 0.80 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0.135 mg
  • Thiamin (vitamin B1): 0.065 mg
  • Vitamin A: 6 mg
  • Vitamin C: 2.6 mg
  • Sodium: 6 mg
  • Kalium: 723 mg
  • Kalsium: 65 mg
  • Tembaga: 0.266 mg
  • Besi: 8.17 mg
  • Magnesium 60 mg
  • Mangan: 5.244 mg
  • Selenium: 0.7 mcg
  • Zinc: 2.23 mg

Selain memiliki berbagai kandungan vitamin dan senyawa lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, tanaman sereh juga memiliki berbagai sifat seperti antijamur, antibakteri, antiinflamasi, diuretik, antidepresan, analgesik, antipiretik, dan antioksidan. Sereh juga memiliki keistimewaan yaitu aromanya yang sangat khas dan menyegarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar