Kamis, 23 Mei 2019

FOOD TERMINOLOGI

1. KOPI DURIAN

  Bosan dengan rasa kopi yang gitu-gitu aja? Teman Foodie wajib mencoba          sensasi baru menyeruput kopi dengan mencoba kopi durian. Yup Teman            Foodie tidak salah baca kok, “kopi durian” ini benar-benar ada dan sangat          terkenal di daerah Sumatera Utara. Bagi Teman Foodie yang cinta banget          sama durian, pastinya tidak akan nyesel nyobain kopi dengan rasa yang unik      ini karena rasa dan aroma duriannya akan benar-benar terasa. Sulit untuk        membayangkan kombinasi antara rasa kopi dengan durian

2.PANCAKE DURIAN

   Pancake durian menjadi salah satu makanan dari olahan durian yang paling       terkenal. Daging durian yang creamy dipadukan dengan adonan tepung yang     agak kenyal, membuat makanan yang satu ini selalu menjadi incaran para         pelancong saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan durennya, Medan. 

3.SOP DURIAN

   Jangan salah Teman, sop yang satu ini tidak dimasak seperti kebanyakan sup     yah. Sup durian ini justru disantap dalam keadaan dingin dicampur dengan         es serut, kacang merah, alpukat dan susu. Soal rasa udah pasti nggak               diragukan. Kebayang kan  gimana rasanya menyantap sop durian kalau lagi       kepanasan.

4. SURABI DURIAN

    Surabi merupakan salah satu kue tradisional asal kota Solo yang terbuat dari      campuran tepung terigu dengan santan, yang disantap bersama kuah                dengan berbagai pilihan rasa, salah satunya durian. Walaupun tradisional,          tapi surabi durian masih cukup digemari oleh berbagai kalangan masyarakat      loh, mungkin Teman Foodie salah satunya. Kue surabi yang lembut dipadu        dengan saus durian yang terbuat dari daging durian dicampur dengan                santan, gula merah dan daun pandan, pasti membuat kamu ingin langsung        menyantapnya.

5. KETAN DURIAN

   Sama halnya dengan surabi durian, ketan durian ini juga menggunakan saus     durian yang terbuat dari daging durian asli, gula merah, santan dan daun           pandan. Makanan dari olahan durian yang satu ini akan jauh lebih nikmat jika     disantap dalam keadaan yang masih panas. Duh lagi ujan-ujan enak kali yah     icip ketan durian

6. COKLAT DURIAN

   Menyantap coklat durian merupakan salah satu cara modern untuk                   menikmati durian. paduan antar rasa coklat yang manis dan durian yang legit     pastinya akan memberikan sensasi berbeda saat lumer dimulut kamu. 

7. ES KRIM GORENG DURIAN

    sudah pernah mencoba roti goreng berisikan es krim durian didalamnya?            kalau belum, teman teman wajib merasakan sensasi renyah pada bagian            luar roti serta sensasi empuk dan dingin pada bagian dalam yang berpadu          dengan rasa duren

8. DURIAN BAKAR

    makanan ini berasa dari suku dayak di kalimantan, kalau teman teman              penasaran seperti apa rasanya, kamu bisa membakarnya sendiri karena            proses pembakarannya terhitung sangat mudah

9. SAMBAL DURIAN

    Sambal kok terbuat dari durian? Bagi Teman teman yang belum pernah            mencobanya, pasti menganggap sambal durian ini rasanya aneh. Tapi                ternyata sambal yang terbuat dari durian yang sudah difermantasikan ini          sangat terkenal di Sumatera, khususnya Palembang dan Lampung. Bahkan        sambal durian yang biasa disebut dengan Tempoyak ini sudah menjadi salah      satu makanan khas yang terkenal di Sumatera.

10. LEMPOK DURIAN

      Lempok durian memang sudah menjadi salah satu makanan khas di                  beberapa daerah di Indonesia seperti Bengkulu, Palembang dan Pontianak.        Banyak orang menganggap lempok durian ini sama dengan dodol durian,          tapi sebenarnya ada perbedaan yang cukup jelas antar keduanya.                      Komposisi dodol durian lebih didominasi oleh tepung besar dan durian                hanya dijadikan sebagai pelengkap rasa. Sementara komposisi lempok              durian didominasi oleh daging durian asli yang hanya dicampurkan dengan        gula dan sedikit garam untuk memberi sensasi gurih.

1 komentar: