Senin, 04 Februari 2019

utensil and equipment


UTENSIL 

Pancake pan 
     
Alat untuk membuat crepe dan pancake. Alat ini terbuat dari stainless stell dan cara membersihkan cukup menggunakan air bersih dan sedikit sabun

 Souffle dish
    
 Sebagai wadah pemanggang souffle. Alat ini terbuat dari keramik dan cara bersihkan gunakan air bersih dan sedikit sabun

Piping bag
     
Alat untuk memudahkan membuat spuit adonan. Terbuat dari plastik dan cukup digunakan sekali saja jadi tidak perlu dicuci

Palette knife 
   
 
 Digunakan untuk mencampur atau meratakan makanan pada permukaannya. Terbuat dari stainless dan cara membersihkan cukup aor chemical dan sponge

Rubber spatula 
 
 Sebagai alat untuk  mengaduk adonan yang terbuat dari  plastik atau karet. Cara bersihkan gunakan air bersih dan sabun

Brush 
Alat untuk mengoles mentega atau margarin pada loyang kue. Terbuat dari plastik atau wooden dan cara bersihkan cukup air bersih dan sabun
EQUIPMENT
  1. Salamander 

    salamander
    adalah  sebuah  alat  dengan  sumber  api / panas  dari   bagian   atas. Alat  ini  biasa dipergunakan untuk :
    • memberikan warna pada bagian atas makanan.
    • merenyahkan bagian atas makanan.
  2. Meat Slicer

    meat slicer
    Meat Slicer
     adalah sebuah  alat  yang digunakan untuk mengiris daging, sayuran,  atau  roti kedalam  irisan  tipis  sesuai  yang  di  inginkan, ketebalan  dari tiap irisan dapat diatur dengan  cara  memutar tombol  pengatur  ketebalan,  dan  untuk mengoperasikannya mempergunakan listrik.
  3. Potato Peeler

    potato peelerFungsi Kitchen Equipment Potato Peeler ini adalah  alat  untuk  mengupas kentang dalam jumlah banyak, prinsip kerjanya  mirip  dengan   mesin  pengering   pakaian,  namun   pada potato peeler, bagian  dalamnya  dilapisi   dengan  lapisan batu yang kasar sehingga kulit kentang dapat terkelupas.
  4. Chiller & Freezer  

    adalah sebuah alat yang sangat diperlukan untuk menyimpan bahan makanan yang akan diproduksi di dapur.
    Chiller
    chiller
    atau  yang  biasa  disebut refrigerator mempunyai fungsi dan kegunaan yang sangat besar,  bisa  menyimpan  bahan – bahan menjadi tahan lama dan dengan suhu / temperature yang sudah diatur sesuai  dengan fungsinya.Refrigerator ini juga bervariasi dari model  dan ukuran,  akan  tetapi  untuk dipakai di dapur hotel atau restaurant alat ini mempunyai standard khusus. Dihotel – hotel  atau  restaurant  yang cukup besar selain  chiller.
    Freezer
    freezer
    Freezer juga  sangat diperlukan fungsi dan kegunaannya juga sama cuma yang membedakan kalau  freezer untuk menyimpan  bahan – bahan  yang  akan  disimpan dalam  jangka  waktu   yang cukup lama, karena dengan alat ini  bahan – bahan  bisa  sampai  membeku  ( frozen ) karena   suhu / temperature nya    dibawah  0 derajat  celcius  bahkan   sampai min 21 derajat celcius.
  5. Dough Mixer  

    fungsi kitchen equipment
    adalah  alat  untuk  membuat adonan membuat kue atau  roti, alat  ini banyak dipergunakan di pastry atau bakery sesuai dengan kegunaannya.
  6. Working Table

    Work Table Stainless
    Fungsi Kitchen Equipment satu ini adalah  termasuk  kedalam  peralatan  yang  besar dan sangat penting, working table ini adalah  meja  tempat  para koki  beraktifitas  membuat  persiapan untuk proses pengolahan makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar