Rabu, 13 Februari 2019

Nama : Archel Adriani Pasau

   Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi.
  Air merupakan suatu senyawa netral yang keberadaannya sangat penting bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Semua makhluk hidup memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap air.
   Air merupakan zat perlarut yang penting bagi makhluk hidup karena berperan dalam proses metabolisme. Air juga berperan dalam fotosintesis tumbuhan.
  Air juga penting untuk kelestarian alam beserta isinya. Apabila terjadi kekurangan air, timbullah ketidakselarasan di bumi. Maka keberadaan air dianggap sangat penting bagi keseimbangan alam.

*Unsur air
  Unsur kimianya adalah H2O, yang setiap molekulnya mengandung satu oksigen dan dua atom hidrogen yang dihubungkan oleh ikatan kovalen.
  
*Jenis-jenis air
1. Air permukaan= Air permukaan adalah air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air, sungai danau,lahan basah, atau laut. Air permukaan berhubungan dengan air bawah tanah atau air atmosfer. 

2. Air angkasa = Yaitu air yang asalnya dari udara atau atmosfer yang jatuh ke permukaan bumi. Perlu diketahui bahwa komposisi air yang yang terdapat di lapisan udara bumi berkisar 0.001 persen dari total air yang ada dibumi. Menurut bentuknya air angkasa terbagi lagi menjadi:
Air Hujan
Air Salju
Air es

3. Air tanah= Merupakan segala macam jenis air yang terletak dibawah lapisan tanah. Menyumbang sekitar 0.6 persen dari total air di bumi. Hal ini menjadikan air tanah lebih banyak daripada air sungai dan danau bila digabungkan maupun air yang terdapat di atmosfer. Air tanah dapat dikelompokkan menjadi air tanah dangkal dan air tanah dalam. Contoh:  air tanah freatik, air tanah dalam, air meteroit, air tanah magma, air konat

* siklus hidrologi = siklus air di sebut juga dengan siklus hidrologi. Siklus air merupakan siklus sirkulasi air dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi dan berlangsung secara terus menerus. Berikut sketsa siklus air: Proses efaporasi, proses transpirasi, proses efapotranspirasi, proses sublimasi, proses kondemsasi, proses afiksi, proses presipitasi, proses runoff, proses infiltrasi

*Macam-macam jenis siklus hidrologi = siklus hidrologi pendek, sedang, dan panjang

*Fungsi air
1. Untuk kehidupan manusia
a. Kebutuhan pokok
b. kebutuhan sekunder dan kesehatan tubuh

2. Untuk kebutuhan hewan
Hewan membutuhkan banyak air untuk melancarkan aktivitas metabolisme.

3. Untuk Tumbuhan
Bagi tumbuhan air digunakan untuk fotosintesis

*Air Sadah
Air Sadah adalah air yang mengandung ion Ca² dan mg²+. Biasanya terbentuk dari garam karbonat atau sulfat.

*Jenis-jenis air sadah
Air sadah sementara dan air sadah tetap

*Tipe-tipe air sadah
1. Kesadahan umum (general hardness/gh)
2. Kesadahan karbonat (karbonate hardness/kh)

*Dampak-dampak air sadah
Dampak positifnya adalah mempunyai rasa yang lebih baik dari air lunak.
Dampak negatif : Air sadah mengakibatkan konsumsi sabun lebih tinggi karena adanya hubungan kimiawi antara ion kesadahan dengan molekul sabun yang mengakibatkan detergen sabun hilang.

*Cara penanggulangan
1. Distilasi (penyulingan)
2. Menambahkan natrium karbonat atau soda pencuci.

*Air Pelunakan
Merupakan suatu proses yang berfungsi sebagai penurunan konsentrasi kalsium, magnesium, dan ion lainnya di dalam kategori air keras.

*Cara kerja
Air harus di berlakukan melewati filter resin. Resin negatif akan menyerap dan mengikat ion logam yang bermuatan positif.
Proses reginerasi kapasitas resin secara bertahap akan mencapai titik kelelahan atau jenuh, dan akhirnya hanya mengandung ion divalen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar